Desain interior kamar tidur
01
Nov

Material Untuk Interior Sesuai Kebutuhan

Val-interior.id – Jenis material untuk interior yang sering digunakan untuk furniture dan juga dekorasi pada ruangan, umumnya berbahan dasar kayu.
Mari kita simak beberapa jenis material finishing yang sering di gunakan :

1. HPL

High preassure laminate atau yang sering di sebut dengan HPL adalah jenis material yang umum digunakan pada finishing akhir pada sebuah furniture atau bahkan panel dekorasi dinding. Banyaknya pilihan motif yang menarik serta pengerjaannya yang relatif mudah menjadikan material ini cocok untuk furniture.

Material interior hpl

Sumber via : Made In China

High preassure laminate sangat mudah di aplikasikan, baik dengan mesin manual maupun otomatis, sehingga menjadi pilihan untuk beberapa kalangan.

Perawatan HPL ini tergolong mudah tidak memerlukan perawatan khusus yang harus dilakukan, cukup dengan lap halus, anda sudah dapat membersihkan HPL dengan mudah.

2. Decosheet

Material interior decosheet

Sumber via : Formica

Decosheet adalah bahan finishing yang terbuat dari vynil plastik, material ini banyak di gunakan untuk meja bahkan lemari, banyaknya corak warna juga membuat material ini menjadi pilihan baik untuk furniture.


Tapi material ini memiliki beberapa kekurangan antara lain, mudah luntur, mudah tergores, dan mudah sekali sobek maka dari itu material ini tidak cocok untuk di jadikan lapisan finishing meja.

Material ini sangat murah dan bisa diaplikasikan untuk kebutuhan furnish rumah anda dengan budget lowend.

Baca juga : Jasa Desain Interior Kamar Tidur

3. Cat Duco

Cat duco atau yang biasa di pakai di pengecatan otomotif ini sangat cocok untuk furniture, terlebih untuk gaya interior classic jenis material ini banyak sekali di gunakan karna warnanya yang solid dan bisa di atur secara tinting sesuai dengan keinginan.

Banyak sekali di pasaran yang menyediakan material ini mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Ada beberapa jenis cat antara lain NC, 2komponen, Dan PU.

Material interior cat duco
Stylish and colorful dresser against white walls

Sumber Via : Millesi

Jenis material ini tidak bisa sembarangan dikerjakan, harus orang dengan keahlian khusus yang dapat mengerjakan dengan material ini agar dapat hasil yang maksimal.

Jenis cat duco juga harus memerlukan perawatan dimana saat anda membersihkan material ini tidak boleh sembarangan memakai cairan kimia.

4. Veneer Melamic

Veneer melamic adalah lapisan kayu slice yang di ambil dari kayu asli sehingga serat alami dari jenis kayu yang digunakan masih tetap tampil indah.

Jenis finishing ini banyak menggunakan melamic dan juga warna keterangan dapat diatur sesuai kehendak.

Kekurangan dari material ini adalah harganya yang relatif mahal tergantung pada jenis kayu yang digunakan dan cara finishing yang rumit.

Material interior melamin

Sumber Via : MariaKillam

Demikianlah beberapa diantaranya jenis finishing yang umum di pakai di interior, dan juga beberapa kelemahan dari masing masing material.Semua tergantung pada tema dan juga kondisi keuangan anda, sehingga memilih material yang tepat adalah pilihan terbaik bagi interior anda.